Home RENSTRA 2015-2019
RENSTRA 2015-2019
Wednesday, 13 April 2016 14:31
PDF Print E-mail

RINGKASAN EKSEKUTIF

RENSTRA RS ORTOPEDI PROF.DR.R.SOEHARSO SURAKARTA TH 2015 -2019

 

 

Isu strategis RPJMN Kementerian Kesehatan Tahun 2015 s.d 2019 adalah peningkatan akses pelayanan dasar yang berkualitas, peningkatan akses pelayanan rujukan yang berkualitas dan penguatan manajemen serta sistem informasi.

Sampai dengan tahun 2014 didalam perjalanan pelaksanaan program dan kegiatan muncul berbagai masalah, tantangan, dan perubahan yang berkembang semakin besar dan kompleks. Oleh karena itu Rencana Strategis Bisnis RSO Prof. Dr.

R.Soeharso Surakarta tahun 2015 - 2019, perlu disusun dan diadakan perubahan sesuai dengan keperluannya.

Mereview perjalanan program pelayanan, beberapa hal yang positip dapat diurai sebagai berikut : pertumbuhan cakupan pelayanan medik menunjukkan trend yang meningkat : pelayanan rawat inap, BOR, pelayanan bedah sentral, anestesi dan reanimasi, rawat intensif. Efektifitas pelayanan medik menunjukkan trend peningkatan yang stabil membaik, mutu pelayanan medik menunjukkan hasil yang membaik pula, dan kepuasan pelanggan rumah sakit menunjukkan hasil yang memuaskan. Realisasi

penerimaan tunai setiap tahunnya melebihi target yang ditetapkan. Realisasi penerimaan akrual per Juni 2014 tercapai Rp. 135.505.146.337 (150%) dibandingkan target tahun 2014 Rp. 90.022.138.000. Pencapaian POBO yang semakin meningkat, indikator kinerja Badan Layanan Umum (BLU) SEHAT AA, dan hasil audit kinerja Badan Layanan Umum oleh Kantor Akuntan Publik menunjukkan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Posisi RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta berdasar perhitungan analisa SWOT berada pada posisi KUADRAN II (Stability Strategi) dengan menciptakan diversifikasi, inovasi, pembaharuan, modifikasi di bidang. Prioritas strategi yang dilakukan adalah investasi penyempurnaan dan penataan kemampuan organisasi, kemampuan sistem manajemen dan proses bisnis, serta kemampuan personilnya dan sambil memantapkan tingkat penguasaan layanan.

Guna mewujudkan visi rumah sakit tahun 2019 disusunlah 4 perspektif Balanced Scorecard dengan 20 Indikator Kinerja Utama (IKU). Dari sasaran – sasaran strategis yang telah dirumuskan perlu diestimasi dukungan pendapatan maupun pembiayaan yang seimbang dan sinergis sehingga roda organisasi dapat melaju denganlancar.

Beberapa program strategis lima tahun kedepan meliputi pengembangan pelayanan gawat darurat terpadu, pengembangan gedung pelayanan terpadu (hitech building), pembangunan Guest House dan SPA Resort Rehabilitation VIP dan Parking Center. Pengintegrasian sistem pelayanan terpadu harus didukung dengan program strategis kemandirian sistem informasi tahun 2018.

Pengembangan strategis di atas diperlukan dukungan pendanaan baik bersumber dari APBN maupun PNBP/BLU. Estimasi pendapatan lima tahun ke depan dapat dijelaskan sebagai berikut : rata – rata pertumbuhan pendapatan APBN tahun 2015 Rp. 110.666.987.484,00 sampai dengan tahun 2019 : 131.607.714.866,00 adalah 4,8 %, rata – rata pertumbuhan pendapatan BLU/PNBP tahun 2015 Rp.

120.004.113.000,00 sampai dengan tahun 2019 : 160.905.812.200,00 adalah 7,6% Kegiatan – kegiatan operasional yang harus dilaksanakan, diestimasi rata – rata pertumbuhan anggaran operasional tahun 2015 Rp. 168.713.600.000,00 sampai dengan tahun 2019 : 228.272.187.880,00 adalah 7,9%. Sedangkan rata – rata pertumbuhan anggaran investasi pengembangan gedung pelayanan terpadu dan penunjangnya tahun 2015 Rp. 48.000.000.000,00 sampai tahun 2019 Rp 58.600.000.000,00 adalah 7%; rata – rata pertumbuhan anggaran investasi SIMRS tahun 2015 Rp. 300.000.000,00 sampai tahun 2019 Rp 1.000.000.000,00 adalah 37,5%; serta rata – rata pertumbuhan anggaran investasi non medis tahun 2015 Rp.

774.000.000,00 sampai tahun 2019 Rp 2.243.000.000 adalah 35,6 %.

Terobosan yang perlu diambil sebagai langkah awal strategis adalah mewujudkan kenhandalan sarana dan prasarana rumah sakit dengan dukungan kompetensi SDM yang tinggi dan SIMRS yang terintegrasi. Perbaikan dan penyempurnaan proses bisnis (inovasi pelayanan ) untuk meningkatkan cakupan pelayanan bebrapa satuan layanan yang mengalami declining pertumbuhan layanan.

Pengembangan organisasi dengan membangun budaya kerja dan implementasi nilai nilai kerja yang relevan menuju perubahan untuk mewujudkan keselamatan pasien (patient safety) dan kepuasan pelanggan yang ultimate.

 

Selengkapnya Klik Disini

 

 

Polling

Pendapat Anda tentang pelayanan kesehatan di RSOS
 
Pendapat Anda tentang pelayanan petugas RSOS
 
Pendapat Anda tentang fasilitas dan sarana kesehatan di RSOS
 

Visitors Counter

928996
TodayToday901
YeserdayYeserday1141
This WeekThis Week3324
This MonthThis Month31273
All DaysAll Days928996
54Dot146Dot5Dot196

RSO on Facebook