Home
KEGIATAN ILMIAH RESIDEN
Friday, 17 February 2017 15:13
PDF Print E-mail

KEGIATAN ILMIAH RESIDEN ORTOPEDI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI DI RS. ORTOPEDI SOEHARSO SURAKARTA

 

RS. Ortopedi Soeharso Surakarta,

 

(Surakarta, 17/02). RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta selain sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional yang memberikan pelayanan kesehatan juga merupakan Rumah Sakit Pendidikan bagi Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) atau residen yang menempuh pendidikan dokter spesialis Ortopedi, Syaraf, Anastesi untuk Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) serta Rehabilitasi Medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, dan Universitas Sam Ratulangi.

 

 

 

 

 

Salah satu kegiatan residen ortopedi adalah kegiatan ilmiah yang wajib diikuti oleh seluruh residen ortopedi yang tidak bertugas. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan keilmuan para  residen Ortopedi disamping skill yang didapatkan dari para Dokter Spesialis/konsulen di kamar operasi. Pelaksanaan kegiatan ilmiah ini diselenggarakan sebelum pelayanan rumah sakit dimulai atau setelah selesai kegiatan rumah sakit.

 

Kegiatan ini dilakukan di Ruang Diskusi Residen IGD lantai 2 (dua) dengan salah satu contoh kegiatannya adalah weekly report stase spine dengan pengampu :

  • DR. dr. Pamudji Utomo Sp.OT (K)
  • dr. R. Andhi Prijosejati Sp.OT (K)
  • dr. Rieva Ermawan Sp.OT (K)

 

Jadwal kegiatan ilmiah residen ortopedi sebagai berikut :

Hari

Jam kegiatan

Kegiatan

Peserta

Senin

07.00 – selesai

Weekly Report Spine Section

Seluruh residen

Selasa

07.00 – selesai

Morning ReportTrauma Case

Seluruh residen

15.30 – selesai

Ilmiah Hand Section

Seluruh residen

Rabu

07.00 – selesai

Weekly Report Adult Reconstruction Section

Seluruh residen

Kamis

07.00 – selesai

CPC MST/Pediatric Section

(2 mingguan)

Seluruh residen

Jum’at

07.00 – selesai

Grand Round

Seluruh residen

 

 

Dalam kegiatan ilmiah ini dipaparkan beberapa kasus yang berhubungan dengan spine (tulang belakang) salah satunya adalah kasus skoliosis, infeksi TB tulang belakang, kasus degeneratif, dan berbagai macam kasus tulang belakang lainnya. Kegiatan ini selain dihadiri oleh residen, dihadiri juga oleh para konsultan di bidang yang terkait, seperti anestesi, neurologi, rehabilitasi medik, radiologi, dan interna. Sehingga pada saat acara weekly spine ini bisa diambil keputusan-keputusan bersama yang bersifat holistik dan paripurna untuk penanganan yang terbaik bagi pasien.

 

 

 

Selain materi ilmu tentang kasus, dibahas pula mengenai team planning mulai dari pre operative, intra operative dan post operative. Sistem seperti ini yang memunculkan terjadinya diskusi antara residen dan para konsulen sehingga diharapkan proses belajar residen secara mandiri dan aktif dapat terlaksana dengan baik. Sistem ini juga dapat mencetuskan rasa keingintahuan residen terhadap perkembangan keilmuan di bidang Ortopedi, sehingga berujung kepada peningkatan kompetensi residen dan konsulen. Tujuannya adalah meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien serta meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta berdasarkan khazanah keilmuan ortopedi yang semakin berkembang.

 

(Sumber : PPDS Ortopedi, disadur oleh Hukormas)

 

PBAK & Gratifikasi

Polling

Pendapat Anda tentang pelayanan kesehatan di RSOS
 
Pendapat Anda tentang pelayanan petugas RSOS
 
Pendapat Anda tentang fasilitas dan sarana kesehatan di RSOS
 

RSO on Facebook

Visitors Counter

102357
TodayToday159
YeserdayYeserday1191
This WeekThis Week7102
This MonthThis Month21484
All DaysAll Days1023579
108Dot162Dot219Dot102