Home Beranda
REKOR MURI DETEKSI DINI SKOLIOSIS
Friday, 23 March 2018 17:12
PDF Print E-mail

RS. ORTOPEDI SOEHARSO SURAKARTA RAIH REKOR MURI DETEKSI DINI SKOLIOSIS PADA 1000 SISWA SMP SE-SOLO RAYA

 

RS. Ortopedi Soeharso Surakarta,

 

(Surakarta, 23/03). Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan visi dan misi dibidang Ortopedi Traumatologi dan Rehabilitasi Medik, RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta menggelar kegiatan Pencapaian Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Deteksi Dini Skoliosis yang dilakukan pada 1000 Siswa SMP pada Jumat, 23 Maret 2018 pk. 07.00 WIB. Bertempat di area Landscape Rumah Sakit, acara melibatkan Dinas Pendidikan dan SMP Se-Karisidenan Surakarta. Acara ini dibuka dengan Pemeriksaan Massal Deteksi Dini oleh Dokter Spesialis Ortopedi Sub Spesialis Spine/Tulang Belakang, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabiltasi beserta seluruh Dokter PPDS/Residen dibantu paramedis yang berkompeten dibidangnya.

 

 

 

 

Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Romaniyanto, SpOT (K), Spine selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Karisidenan Surakarta. Diluar perkiraan, bahwa peserta yang hadir pada acara ini melebihi target dengan total 1156 siswa. Direktur Utama, Dr. dr. Pamudji Utomo, SpOT (K) dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya preventif dan promotif RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta dalam mewujudkan Generasi Indonesia Sehat yang salah satu caranya adalah dengan deteksi dini skoliosis lebih awal untuk menghindari kelainan yang berlebihan. Kelainan tulang belakang atau Skoliosis ini lebih banyak menyerang 90% (sembilan puluh persen) anak perempuan dengan rentang usia setelah mengalami masa menstruasi pertama kali.

 

 

 

Selain pemeriksaan fisik, juga dilaksanakan talkshow dengan Narasumber berkompeten, Dokter Spesialis Ortopedi Sub Spesialis Spine/Tulang Belakang, dr. R. Andhi Prijosedjati, SpOT (K) dengan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Retno Setianing, SpKFR sebagai informasi bagi para guru dan siswa dalam mengetahui penyebab, tanda tanda skoliosis serta penanganan skoliosis. Hasil dari pemeriksaan fisik didapat 92 anak positif mengalami skoliosis dengan perbandingan 80 anak siswa perempuan dan 12 anak siswa laki-laki. Informasi tersebut sesegera mungkin sampaikan ke orang tua siswa dan pihak sekolah dengan harapan untuk segera dilakukan pemeriksaan terpadu lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Ortopedi dan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Pesan yang disampaikan adalah untuk dilakukan pemeriksaan sebelum rasa nyeri timbul.

 

 

Inti acara adalah penyerahan Piagam Penghargaan Rekor MURI kepada RS. Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta atas Rekor Pemrakarsa dan Penyelenggara Deteksi Dini Skoliosis kepada Pelajar Terbanyak oleh Senior Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia, Sri Widayati. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing sekolah atas partisipasinya dalam acara serta foto bersama.

 

(Hukormas)


 

PBAK & Gratifikasi

Polling

Pendapat Anda tentang pelayanan kesehatan di RSOS
 
Pendapat Anda tentang pelayanan petugas RSOS
 
Pendapat Anda tentang fasilitas dan sarana kesehatan di RSOS
 

RSO on Facebook

Visitors Counter

090615
TodayToday856
YeserdayYeserday1640
This WeekThis Week9073
This MonthThis Month39099
All DaysAll Days90615
173Dot245Dot52Dot63