Home Beranda
Workshop Sterilisasi Instrument Secara Baik Dan Benar Di Ruang Centralisasi Supply Departement (CSSD) DI RS. ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA
Monday, 27 November 2017 11:21
PDF Print E-mail

Workshop Sterilisasi Instrument Secara Baik Dan Benar Di Ruang Centralisasi Supply Departement (CSSD)
DI RS. ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

 

 

 

RS. Ortopedi Soeharso Surakarta,


(Surakarta, 25/11). Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta mengadakan Workshop Sterilisasi Intrument Secara Baik Dan Benar yang diikuti oleh sekitar 60 peserta dari beberapa rumah sakit se-solo raya selama1 (satu) hari, Sabtu, 25 Nopember 2017 di Ruang Auditorium Lantai 3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Workshop ini dibuka oleh Direktur Utama RS. Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta DR. dr. Pamudji Utomo, SpOT (K), dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa pentingnya peranan CSSD didalam suatu Rumah Sakit terutama didalam akreditasi. Walaupun berada tempat dibelakang tapi ini sangat penting. Bila peralatan tidak steril dan dipersiapkan dengan baik akan terjadi banyak infeksi. Dan infeksi lebih dari 2 %, rumah sakit itu performennya akan menurun dan lebih dari 5% rumah sakit itu tidak lulus akreditasi. Maka dari itu peranan Centralisasi Supply Deparment (CSSD) amatlah penting. Di workshop ini ada 3 (tiga) pemateri, materi pertama disampaikan oleh Ali Rosidi, S.Kep., tentang Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di CSSD, kedua Triyadi Dewanto, AMK, menyampaikan Dekontaminasi Dan Pencucian Instrumen, dan ketiga Gerry Syam Umar. menyampaikan tentang Pengemasan Labeling, Sterilisasi Dan Monitoring.

Untuk pencegahan dan pengendalian infeksi dapat dilaksanakan dengan beberapa hal diantaranya dengan kewaspadaan standart yaitu kebersihan tangan, penggunaan APD, dekontaminasi peralatan pasien, pengendalian lingkungan, pengelolaan limbah, penatalaksanaan linen, perlindungan petugas kesehatan, penempatan pasien, kebersihan pernapasan/etika batuk dan bersin, praktek menyuntik yang aman, dan praktek lumbal punksi yang aman. Serta yang lebih penting lagi adalah sayangi diri kita, lindungi diri kita, lindungi pasien kita dengan menerapkan kewaspadaan ISOLASI, ungkap Ali Rosidi, S.Kep. Dimateri kedua, dipaparkan penekanan untuk melaksanakan prosedur/metode sterilisasi dengan baik dan benar. Sebagus apapun metode/prosedur sterilisasi dengan hasil yang terjaminjika pembersihan dan pencucian permukaan alat/instrument tidak dilakukan dengan baik dan benar, ucap Triyadi Dewanto, AMK.



 

 

 

 

 

 

Acara diakhiri dengan foto bersama Direksi, Narasumber dan seluruh peserta.
(Hukormas)

 

PBAK & Gratifikasi

Polling

Pendapat Anda tentang pelayanan kesehatan di RSOS
 
Pendapat Anda tentang pelayanan petugas RSOS
 
Pendapat Anda tentang fasilitas dan sarana kesehatan di RSOS
 

RSO on Facebook

Visitors Counter

117806
TodayToday755
YeserdayYeserday1073
This WeekThis Week755
This MonthThis Month18836
All DaysAll Days1178065
172Dot68Dot65Dot212